Dosen Bahasa Indonesia bakal diganti!!!

April 29, 2009

403_question-markUngkapan itu disampaikan oleh Kajur TIF-S1 yang baru Bp. Wineto (mudah-mudahan telinga kami ga salah dengar), di ruangannya saat kami menghadap. Awalnya kami sudah beritikad baik dengan datang ke sekretariat untuk meminta nomor “hape” pak Bambang Pranoto, dosen pengajar kuliah Bahasia Indonesia, tetapi sekretariat selalu menolak memberikan dengan dalih “Gak Punya”…….masa sich sekretariat gak punya??? Masuk akal ga??? Kami berharap dengan menelpon beliau tentunya bakal ada win-win sulution untuk UTS Bahasia Indonesia. Yach, paling tidak bisa dapat bocoran soal lah….(ha ha ha). Karena rencana pertama gagal, kami terpaksa melakukan rencana yang kedua dengan menghadap Kajur TIF-S1. Alih-alih mendapatkan informasi dari pak Sularso, beliau malah menyuruh menghadap pak Wineto. Waduuuh…siapa lagi nih pak Wineto! Jadi ternyata pak Wineto adalah Kepala Jurusan alias Kajur TIF-S1 yang baru. Sedangkan pak Sularso menurut info yang kami dapat telah naik pangkat di jajaran Dekan, waaah selamat pak! Tapi koq belum ada pengumumannya yach???

Kembali ke kasus, akhirnya setelah kami ceritakan semua yang terjadi dengan kuliah Bahasa Indonesianya pak Bambang, pak Wineto dengan sigap langsung mengecek semua laporan kami, beliau minta laporan dari sekretariat mengenai perkembangan perkuliahan pak Bambang, termasuk kehadiran-kehadirannya. Haduuuuuh…makin parah! Kami begitu ketakutan kalau-kalau kami akan kena masalah. Di sela-sela pembicaraan antara pak Wineto dan sekretariat, kami dengar dengan jelas kalo pak Wineto minta agar setelah UTS nanti dosen BI nya diganti.

“Wah kalo memang demikian adanya, nanti saya akan bicara dengan pak Bambang, kalau memang tidak ada materi kuliah sama sekali, terus bagaimana kalian mengerjakan soal-soal UTS-nya?” ujar pak Wineto. Ssssssssssssssssssssst…..ada lagi yang diucapkan beliau tetapi yang ini menjadi rahasia kami. Intinya kami disuruh memberitahukan kepada kawan-kawan seperjuangan agar tetap mengerjakan soal-soal Bahasa Indonesia, semuanya, jangan dikosongin, kecuali memang ga bisa sama sekali mau bagaimana lagi, he he he. Satu hal lagi, mungkin satu-satunya modal materi adalah tentang cara-cara pembuatan suatu tulisan atau artikel yang “sempat” diajarkan walaupun ujung-ujungnya curhat belaka.

Bagi yang belum ada catatan, ada beberapa catatan kecil di buku “diary” Bahasa Indonesia saya tentang Cara membuat suatu cerita, yaitu :

  1. Buatlah suatu gagasan atau ide. (ingat hanya satu atau dua kata saja, misal : Stress)
  2. Buatlah kerangka berpikirnya. Maksudnya, dari gagasan atau ide yang ada dibuatlah beberapa kerangka atau tema paragrafnya. Misal dari gagasan Stress, bisa kita bikin kerangkanya menjadi : 1. Definisi Stress 2. Apa saja yang bisa menjadikan stress 3. Jenis-jenis stress 4. Bagaimana cara pengobatannya 5. Tips menghadapi orang stress
  3. Kembangkan semua kerangka berpikir yang sudah kita tentukan, tiap kerangka berfikir akan menjadi satu paragraf.
  4. Dari beberapa kerangka berfikir yang ada, kita bisa menetukan judul terhadap tulisan yang telah kita buat.

So…bagaimana kawan-kawan? Semua terserah anda menyikapinya. Selamat berjuang dan semoga sukses.

5 Responses to “Dosen Bahasa Indonesia bakal diganti!!!”

  1. ano Says:

    sebenernya ada etika tersendiri mengenai nmr hp.. sekretariat gak bisa sembarangan ngasi nmr hp dosen, ditakutkan akan terjadi hal2 yg tidak diinginkan.. misalnya dosen diteror dsb.. soalnya gak semua mahasiswa mempunyai itikad baik kan?

  2. Andy Says:

    iyaaa…tapi tapi jawabannya menebak-nebak…

  3. eko Says:

    wah klau bgituh mantap dah … dah dijamin soalnya .. hihihihihi .. ga susah2 amat kok soalnya juga kmaren …

    ~piss~

  4. Andy Says:

    hahaha…
    tenang aja bro, yg penting nilai BI kita dijamin “aman”…

  5. Geran Vardhocy Says:

    Gw setuju banged dia (dosen B.Indo nya diganti….

    Masa kita bayar 3 sks buat dengerin curhatnya dia tentang Gazebo or LSMnya??

    Puihh…..gw gedeg banged…coba ada yang tau dia dimana or alamatnya….gw mo ajak sparing tuh

    Rgds

    Geran


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: